Dalam urusan perkantoran, pengarsipan file sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk menjaga data-data penting. Jika suatu saat dibutuhkan, data-data tersebut bisa kembali ditemukan. Pengarsipan file sekarang memang sudah bisa dilakukan dalam komputer atau laptop. Namun tetap saja pengarsipan file dalam bentuk cetak atau fisik juga tak kalah penting. Sebagai media yang paling aman dan tepat untuk menyimpan data-data penting dalam bentuk cetak adalah lemari arsip. Arsip-arsip penting harus disimpan dalam lemari khusus agar terjaga kerapiannya. Biasanya arsip yang tersimpan di lemari khusus dikategorikan dalam jenis masing-masing dengan memberi tanda atau tulisan tertentu.
Jenis-jenis Lemari Arsip untuk Kantor

Lemari khusus untuk menyimpan arsip sangat mudah ditemukan. Namun untuk memilih lemari arsip harus terlebih dahulu memperhatikan bahan pembuatnya. Bahan untuk lemari tersebut akan berpengaruh terhadap daya tahan serta ukurannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran serta jenis bahan lemari penyimpan arsip juga akan mempengaruhi tata letak dalam ruangan dan besar ruangan tersebut. Karena termasuk salah satu furniture dengan manfaat penting, lemari penyimpanan arsip harus dipilih secara tepat.

Jenis-jenis Lemari untuk Menyimpan Arsip

Lemari penyimpanan arsip memegang peran sangat penting dalam sebuah perkantoran, baik itu kantor pemerintahan, kantor urusan publik atau perusahaan. Selain dari fungsinya yang penting, lemari tersebut juga akan memberikan sentuhan lain pada dekorasi ruangan. Agar bisa tetap memberi manfaat sesuai yang diharapkan dan juga bisa melengkapi keindahan ruangan, maka memilih lemari arsip harus dengan memperhatikan jenisnya. Jenis lemari penyimpanan arsip ini dibedakan dari bahan pembuatnya, seperti berikut ini:

1.      Lemari Penyimpanan Arsip Berbahan Kayu

Lemari Penyimpanan Arsip Berbahan Kayu

Jenis pertama dari lemari untuk menyimpan arsip adalah yang berbahan dari kayu. Lemari kayu ini adalah jenis yang paling banyak digunakan. Karena banyak tersedia di took perabotan, maka lemari penyimpan arsip berbahan kayu sangat mudah ditemukan. Lemari ini biasanya didesain sedemikian rupa untuk bisa menyimpan jumlah arsip yang sangat banyak. Terdapat beberapa ruang dalam lemari ini yang bertujuan membedakan setiap kategori arsip yang disimpan. Selain dilihat dari fungsinya, lemari penyimpanan arsip berbahan kayu ini ternyata juga bisa melengkapi desain interior ruangan. Bahan kayu yang digunakan biasanya memberi kesan sederhana sehingga cocok untuk ruangan yang berkonsep etnik. Lemari untuk menyimpan arsip yang terbuat dari kayu sangat bagus dipadukan dengan furniture lain yang juga berbahan kayu.

2.      Lemari Penyimpanan Arsip Berbahan Besi

Lemari Penyimpanan Arsip Berbahan Besi

Sebagai alternatif lain, lemari penyimpanan arsip berbahan besi juga bisa jadi pilihan. Lain dari lemari yang berbahan kayu, lemari arsip besi tentunya lebih kokoh dan kuat. Kekuatannya akan berpengaruh terhadap daya tahannya yang bisa digunakan lebih lama. Kelebihan lainnya, lemari dari besi akan bisa bertahan dari api sehingga aman jika terjadi kebakaran. Lemari ini sekarang banyak dipilih karena dipercaya lebih bagus untuk menyimpan arsip penting.

3.      Lemari Penyimpanan Arsip Beroda

Lemari Penyimpanan Arsip Beroda

Zaman yang semakin berkembang membuat tren model lemari penyimpanan arsip juga turut berkembang. Lemari penyimpanan arsip yang dilengkapi dengan roda sekarang menjadi tren baru. Lemari ini sangat cocok untuk kehidupan masyarakat modern yang mobilitasnya tinggi. Lemari dengan roda ini memudahkan penggunanya untuk memindahkan. Tanpa harus berat ketika mengangkat, lemari ini bisa bergeser karena rodanya bisa dijalankan.
Berbagai jenis lemari penyimpanan arsip dari bermacam bahan bisa didapatkan di Nuansa Kantor Surabaya. Berbagai peralatan perkantoran lengkap tersedia dengan kualitas terbaik, harga terjangkau dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.